Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memakai Chain Block 2 Ton

Chain block salah satu komponen yang dibutuhkan dalam berbagai bidang salah satunya konstruksi. Ada berbagai varian yang bisa Anda jumpai, mulai dari chain block 1 ton, chain block 2 ton, chain block 3 ton dan …

3

Chain block salah satu komponen yang dibutuhkan dalam berbagai bidang salah satunya konstruksi. Ada berbagai varian yang bisa Anda jumpai, mulai dari chain block 1 ton, chain block 2 ton, chain block 3 ton dan seterusnya. Ada banyak orang yang kini jual chain block dan jika membutuhkannya Anda bisa melakukan pencarian secara online.

 

Chain block sendiri atau yang sering disebut juga dengan takel adalah pesawat katrol yang kerap dipakai untuk memindahkan benda. Karena tersedia dalam berbagai kapasitas, maka Anda juga harus menggunakan yang sesuai kebutuhan. Contohnya untuk mengangkat beban yang kapasitasnya di bawah 2 ton, maka penggunaan chain block 2 ton nah memiliki chain block 2 ton varian lengkap bisa jadi pilihan tepat untuk dapat anda gunakan sewaktu waktu dibutuhkan.

 

Namun, ada beberapa hal yang seharusnya diperhatikan dengan benar saat memilih menggunakan chain block dengan kapasitas berapapun, termasuk yang kapasitasnya 2 ton ini. Kira-kira apa saja yang harus diperhatikan ya? Mari simak selengkapnya!

 

  1. Gunakan untuk Beban yang Sesuai Kapasitasnya

Chain block sudah mempunyai kapasitas pengangkatan beban sendiri-sendiri, sehingga Anda perlu memikirkan hal ini. Jangan menggunakan chain block untuk kapasitas yang tidak tepat, misalnya kapasitas 2 ton untuk mengangkat beban berukuran 3 ton. Tentu saja ini akan sangat membebani dan tidak sesuai.

 

Jangan pula memakainya untuk beban di bawah 1 ton, sebab ini sama sekali tidak ekonomis. Karena sudah ada sendiri chain block dengan kapasitas 1 ton yang bisa Anda pakai. Jadi, pergunakan dengan baik sesuai kapasitas agar Anda pun tidak kesulitan dalam bekerja.

 

  1. Harus Dioperasikan Oleh Ahlinya

Saat ingin mengoperasikan alat satu ini, maka Anda membutuhkan training terlebih dahulu supaya memahami komponen, risiko dan lain sebagainya sebelum digunakan. Walaupun memang termasuk dalam golongan alat pengangkut kategori ringan, tapi tetap saja ada hal-hal yang tidak bisa disepelekan.

 

Ini demi menjaga keselamatan para pekerja agar tidak terjadi kecelakaan apapun saat alat tersebut dioperasikan. Juga demi menghindari kerusakan-kerusakan tertentu yang bisa saja membutuhkan biaya mahal. Pastikan saat membelinya di toko jual chain block, alat tersebut dalam kondisi bagus dan siap untuk dipakai.

 

  1. Merawat Chain Block dengan Baik

Sering digunakan bukan berarti alat ini tidak butuh perawatan. Anda justru harus bisa merawat alat pengangkut tersebut supaya fungsinya tetap optimal seperti biasa. Karena alat satu ini bisa saja terkena karat yang dapat mempengaruhi kinerjanya.

 

Setidaknya rutin dibersihkan supaya tidak terjadi karat, selain itu agar takel tidak macet saat dipakai. Jika terjadi beberapa masalah karena kurangnya perawatan, maka ini juga akan menghambat pekerjaan dan semakin lama penyelesaiannya.

 

  1. Hindarkan dari Bahan Kimia dan Air

Segala alat yang bahannya dari logam kadang mudah sekali terjadi korosi apabila terus-menerus didekatkan dengan air. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan hal tersebut dan rutin membersihkannya supaya tidak terjadi korosi ini. Kemudian, jauhkan pula chain block dari bahan kimia yang bisa saja merusak komponen alat tersebut.

 

Ada banyak sekali toko yang menjual chain block 2 ton varian lengkap yang bisa Anda temukan di internet. Anda bahkan bisa menemukan yang paling dekat dengan tempat tinggal agar bisa melihat secara langsung produk-produk chain block yang dijual oleh toko bersangkutan.

 

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dengan benar saat sudah membeli chain block di toko jual chain block terpercaya. Semoga penjelasan di atas dapat mudah dipahami.

Leave a Comment